Rabu, 05 Oktober 2011

Apa itu Komputer Forensik ?

Mendefinisikan "komputer forensik" adalah tugas yang lebih sulit karena beberapa kesulitan dalam mendefinisikan berbagai perangkat yang disebut dengan kata  "komputer" tapi sebagian besar karena isu yang diangkat oleh penggunaan istilah "forensik".

Pada satu panggung "komputer" pada forensik komputer dengan mudah diidentifikasi sebagai perangkat yang agak berbentuk kotak yang terletak di ruang komputer khusus atau di bawah meja (biasanya itu akan menjadi komputer pribadi jenis pertama kali diperkenalkan pada 1970-an dan awal 1980-an dan sekarang umum di hampir setiap tempat kerja dan rumah).

Dalam waktu, meskipun, berbagai perangkat yang menjadi subjek penyelidikan " komputer forensik " diperluas untuk mencakup perangkat digital lainnya seperti laptop, PDA, ponsel, printer, mesin fax, PC tablet dan sebagainya. Akibatnya, beberapa praktisi sekarang lebih suka menggunakan istilah baik untuk yang lebih khusus seperti "forensik PDA" atau "forensik ponsel" atau untuk menggunakan istilah seperti sebagai "forensik digital" untuk memasukkan semua perangkat digital.

Namun demikian, ungkapan " komputer
forensik " masih umum digunakan dan biasanya diambil untuk mengacu pada penyelidikan dari setiap jenis komputer atau perangkat digital.

Kata "forensik" berasal dari "forensis" bahasa Latin, arti harfiahnya adalah "forum", tempat perdebatan dan sengketa hukum yang terjadi di Roma kuno. Dengan demikian, " komputer
forensik " dengan benar dapat didefinisikan sebagai penggunaan teknik-teknik khusus untuk pengumpulan, pengawetan dan analisis data elektronik dengan tujuan untuk menyajikan bukti di pengadilan hukum.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi gelombang besar minat dalam ilmu forensik baik sebagai pilihan karir dan sebagai sumber hiburan (dalam acara TV populer, misalnya), hasil malang yang telah bahwa istilah " forensik "telah masuk ke bahasa yang lebih populer makna aslinya telah hilang. Forensik sekarang sering diterima untuk merujuk hanya untuk proses penyelidikan, yaitu tindakan mencari sesuatu, bukannya berkaitan dengan cara kerja pengadilan. Akibatnya, ungkapan "forensik komputer" sering (salah) digunakan untuk merujuk pada proses dan teknik yang digunakan untuk menyelidiki penggunaan komputer terlepas dari apakah atau tidak ada niat untuk mempresentasikan temuan-temuan di pengadilan.

Perbedaan ini penting
karena setiap pemeriksaan yang bertujuan untuk menyajikan bukti digital di pengadilan harus dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip tertentu untuk bukti tetap diterima (yaitu dianggap handal oleh aturan bukti).

Pada bagian berikutnya kita akan berbicara lebih banyak tentang prinsip-prinsip yang mendasari dan apa artinya bagi pemeriksa komputer forensik.

Sumber :
Terjemahan dari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar